Thursday, October 19, 2017

Pertama kali tau positif hamil, Lucunya dede

Setelah sebelumnya saya nulis tentang pengalaman menggunakan Test Pack. Dari hasil TP yang invalid dan 2x negatif, sampai membuat saya benar-benar merasa belum bisa menjadi istri yang sempurna untuk papah dan muncul lah pikiran-pikiran yang gak karuan. Memang pernikahan saya masih lah terbilang sangat dini sejak bulan Maret dan tidak pantas untuk mengeluh. Tapi sebagai seorang istri tentu akan merasa sedih dong...

Pada tanggal 19 Mei 2017 saya beranikan untuk TP ulang karena sejak tanggal 9 Mei 2017 saya tidak kunjung haid, artinya saya sudah telat haid selama 10 hari. Hati saya dan papah dag dig dug pada saat ingin melihat hasilnya, rasanya seperti ingin menyaksikan undian uang tunai ratusan juta rupiah haha. Ternyataaa... Alhamdulillah puji syukur hasil menunjukan 2 strips.

Subhanallah senangnya luar biasa. Papah lompat-lompat kegirangan, mengelus kepala dan perut saya sambil meneteskan air mata. Unchhh so sweet lah pokoknya.
Sementara itu saya masih shock gak percaya, seperti mati rasa, gak tau harus mengekspresikan dengan cara apa. Yang jelas bahagia bangeeett...

Untuk benar-benar memastikan, saya dan papah langsung dateng ke Bidan, tak lupa membawa hasil test nya. Setelah diperiksa, diukur tinggi perut, detak jantung janin, dan ditanya-tanya lalu Ibu Bidan bilang kalau usia kandungan saya sudah 10 minggu. Lantas saya dan papah langsung lirik-lirikan dong.
"Lhoo kok 10 minggu? Sebelumnya 3x saya test negatif loh bu. Saya juga kan nikah tanggal 12 Maret. Apa mungkin dari tanggal 12 itu terjadi pembuahan? Dan apakah selama ini gak terdeteksi?"
Si ibu bidan pun menjelaskan bla bla bla. Saya dan papah pun hanya mengangguk-angguk saja karena mungkin bidan nya lebih mengerti.

Namun, saya merasa kok seperti berbeda dengan ibu hamil yang lain. Di usia kehamilan yang makin hari semakin bertambah ini banyak yang komentar Kok perutnya masih kecil ya? Kok ibu nya ga gendut ya? Ko tidak terlihat seperti orang hamil ya? Sampai ada yang bilang ibu nya kurang gizi nih. 
Helloww ngerti gak sih perasaan ibu hamil itu sensitif lembut selembut salju. Beruntung saya ini ibu hamil yang baik hati, jadi gak saya pentungin satu-satu pake sapu lidi. Alhasil saya khawatir dengan perkembangan si dede, sampai terkadang saya nangis dan mengeluh ke papah.

karena saya dan papah ingin lebih memastikan perkembangan, kesehatan dan usia malaikat kecil kami di dalam rahim ini. Pada tanggal 4 september kami memutuskan untuk melakukan pemeriksaan di klinik yang berbeda. Di rumah dan sepanjang perjalanan menuju klinik si dede saya ajak ngobrol terus.
"Nak, nanti kalau bu bidan periksa, dede nya yang pinter ya sayang"

Sampai di klinik, saya mengurus administrasi. Oh iya saya baru saja mengaktifkan layanan BPJS berdasarkan rekomendasi keluarga untuk berjaga-jaga jika ada masalah persalinan di kemudian hari. Jadi ini pemakaian BPJS perdana. Setelah selesai mengisi daftar hadir pasien, saya langsung diarahkan menuju ruang periksa. Pertama saya disuruh berbaring sambil menekuk kaki lalu menselonjorkan kaki. Bidan meraba dan menekan-nekan perut saya. Lalu mencari detak jantung dede. Tapiii selama hampir setengah jam masih belum ketemu juga.
"Dede nya hari ini gerak ga?" tanya bidan
"Gerak ko bu, aktif banget malahan, tadi juga di ruang tunggu masih gerak" jelas saya
"Kok aneh ya, coba kita langsung USG aja ya. USG nya saya kasih gratis karena baby nya daritadi ga ketauan detak jantungnya. Nanti kalau USG selanjutnya kena biaya 85 ribu karena tidak ditanggung BPJS" kata bu bidan

Bidan mengoleskan gel di perut saya lalu di layar monitor muncul lah gambar (saya sih ga tau itu gambar apaan) hehe
Tapi kenapa kok reaksi bidan seperti orang kaget. Wah kenapa ini? Saya pun berdoa terus dalam hati semoga dede sehat sehat aja. Sambil meneliti hasil USG, bidan bertanya
"Ini beneran umur 25 minggu? Sebelumnya periksa dimana?" tanya bidan
"Di klinik *** bu, memang yang memeriksa waktu itu anak magang" Jawab saya
"Soalnya berdasarkan hasil USG baru berumur 20 minggu, dan jika dilihat dari tinggi perut dan berat badan memang sesuai. Baby nya sehat kok, aktif banget ya gerakan nya, itu lihat muter-muter terus" jelas bu bidan

Subhanallah, alhamdulillah dede nya sehat. Pertama kali lihat dede, bener-bener terharu dan takjub. Papah juga terkesima gitu lihatnya. Percaya ga percaya ternyata ada makhluk kecil mungil yang hidup di dalam rahim saya.

Nah ini nih yang bikin kami terkekeh geli selama di perjalanan pulang. Karena tadi setelah USG gratis selesai, bidan kembali memeriksa detak jantung dede dan wow langsung terdengar dug dug dug 150x/menit.
Hehe lumayan lah yang tadinya niat kami hanya konsultasi saja, karena pengalaman pertama kami belum tau berapa biaya USG. Dalam gambaran kami range harga mungkin 3 ratusan ribu, jadi kami memutuskan akhir bulan saja USG nya setelah papah gajian. Eh ternyata emang rejeki nya si dede haha, akhirnya dapet USG gratis. Dede tauan aja ya sama yang gratis gratisan. Sengaja ngumpet dulu ya sayang, biar bisa dapet USG gratis haha. Biar papah sama bubun nya bisa lihat dede ya
***

Harapan papah dan bubun semoga dede selalu sehat sampai kita bisa bertemu. Gak sabar rasanya menantikan kehadiran dede di dunia. Membayangkannya saja benar-benar bahagia. We love you sayang

No comments: